Selamat datang di blog kami. Kami kelompok yang didominasi para ibu rumah tangga yang berkeinginan untuk maju dan berkarya, blog ini adalah tempat kami untuk menunjukkan pada dunia bahwa kami ada, kami eksis dalam bisnis dan kami ingin terus melangkah ke depan. Demi mencetak generasi penerus yang tangguh, mandiri dan terus berkembang hingga mampu bersaing positif dalam skala Nasional dan dunia Internasional.

Kontak dan Informasi

Untuk informasi hub. kami di KH. Khamdani no. 14 RT.01, RW. 01 Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran – Sidoarjo. Telp. 08123500763

Selasa, 24 Maret 2015

ANGGOTA KIM MELATI IKUTI SOSIALISASI UU PERPUSTAKAAN


 Kelurahan/Desa Wajib Selenggarakan Perpustakaan
SIDOARJO (Minat Baca)- Untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan perpustakaan, serta meningkatkan minat baca. Kelurahan/Desa diharàpkan wajib membuka perpustakaan. Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto SH MM saat membuka sosialisasi UU Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, Selasa (24/3) di Pendopo Delta Nugraha. Acara digelar di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kab Sidoarjo itu diikuti seluruh kepala desa/kelurahan se Kab Sidoarjo.


Dengan menghadirkan narasumber Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim, Drs Sudjono MM. Pustakawan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim, serta Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kab Sidoarjo, Drs Sugeng Dariyanto MM.
Wakil Bupati Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto menegaskan, kalau perpustakaan merupakan urusan wajib yang harus diselenggarakan. Mulai dari pemerintah pusat, provinsi, sampai kabupaten bahkan kecamatan dan pemerintah desa. Pasalnya, kontribusi perpustakaan bagi pembangunan mentalitas dan intelektual bangsa cukup besar.

Hingga kini masih banyak aparatur yang belum memahami Peraturan Perundang-undangan tentang perpustakaan, maka melalui sosialisasi UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan akan menumbuhkan perpustakaan-perpusatakaan baru. ”Hal sangat penting sekali diwujudkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat,” katanya.
Hadi juga menyampaikan, kalau Kab Sidoarjo telah rutin mengkampanyekan gerakan masyarakat membaca melalui berbagai kegiatan. Agar pembudayaan membaca menjadi kebiasaan masyarakat Sidoarjo dengan harapan agar terjadi perubahan yang signifikan dalam perilaku bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Kebiasaan membaca sejak usia dini juga perlu digalakkan. Kebiasaan membaca sejak usia dini diharapkannya menjadi satu kebutuhan pokok yang akan membawa masyarakat ketataran intelektual yang lebih baik. Makanya, lembaga perpustakaan diharapkan dapat tumbuh sampai tingkat desa maupun kelurahan. Pemerintah desa maupun kelurahan wajib memfasilitasi sarana dan prasaran perpustakaan yang memadai. ”Agar perpustakaan yang dikelolanya dapat berkembang demi mewujudkan gerakan masyarakat membaca,” pungkas Hadi Soetjipto.
Sementara itu, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo, Drs Sutjipto MM mengatakan sosialisasi kali ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian pemerintah desa maupun kelurahan terhadap pendirian perpustakaan. Agar pemerintah desa/kelurahan dapat berperan serta dalam pelaksanaan program pembentukan perpustakaan. ”Melalui sosialisasi ini diharapkan kemampuan kepala desa/kelurahan dalam menumbuh kembangkan minat baca masyarakatnya dapat meningkat,” harapnya. [
.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Galery kegiatan