Selamat datang di blog kami. Kami kelompok yang didominasi para ibu rumah tangga yang berkeinginan untuk maju dan berkarya, blog ini adalah tempat kami untuk menunjukkan pada dunia bahwa kami ada, kami eksis dalam bisnis dan kami ingin terus melangkah ke depan. Demi mencetak generasi penerus yang tangguh, mandiri dan terus berkembang hingga mampu bersaing positif dalam skala Nasional dan dunia Internasional.

Kontak dan Informasi

Untuk informasi hub. kami di KH. Khamdani no. 14 RT.01, RW. 01 Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran – Sidoarjo. Telp. 08123500763

Selasa, 24 Maret 2015

KISAH PONDOK AL HAMDANIYAH SIWALANPANJI SIDOARJO

Buduran (Sejarah Islam) - Pondok Al-Hamdaniyah pertama kali didirikan oleh KH.Hamdani, seorang Ulama’ dari Pasuruan Jawa Timur pada tahun 1787 dan dikenal juga dengan Pondok Panji dan Tertua di Jawa Timur, menurut riwayat pada waktu KH,Hamdani membangun Pondok, beliau mendatangkan kayu dari daerah cepu jawa tengah dengan dinaikkan perahu besar/kapal namun ditengah jalan perahunya pecah berantakan, akan tetapi Allah Maha Besar, Kayu-kayu tersebur berjalan sendiri melewati sungai dan berhenti persis di depan area Pondok. Dan konon ada sebagian yang nyangkut di daerah Nganjuk yang terkenal dengan sebutan Balok Panji sampai sekarang, konon masih ada tapi ghoib, di Pondok ini dulu juga sering dibuat pertemuan tokoh-tokoh Nasional pada Zaman Revolusi, diantaranya adalah Ir.Soekarno, Bung Hatta, KH, Wahab Hasbullah, KH, Wahid Hasyim, KH, Idham Cholid, Hamka, Bung Tomo, dll, Bahkan menurut riwayat pada waktu Pondok Al-Hamdaniyah diasuh KH, Hasyim Belanda mau mendatangi Pondok menggunakan pesawat terbang dan ada salah satu dari keponakan KH, Hasyim yang bernama Kyai Anas mendengar itu dan langsung terbang dengan hanya membawa es lilin untuk mengejar pesawat Belanda. Dan pernah juga di Pondok ini di Bom berkali-kali oleh Belanda tapi Bom tidak meledak dan sampai sekarang kedua tempat tersebut masih ada. Dan dari Pondok ini juga lahir ulama’-ulama’ besar diantaranya KH. Cholil, KH. Nasir (Bangkalan) KH. Hasyim Asy’ari, KH.Wahab Hasbullah, KH. Umar (Jember) KH. Usman Al Ishaqi, KH.As’ad Syamsul Arifin, KH.Abdul Majid (Bata-bata Pamekasan), KH. Dimyati (Banten) dll. 
Adapun Urutan Kepengurusan Pondok adalah sebagai berikut :
Periode II,
KH.YA’QUB dan KH.ABD.ROHIM (PUTRA DARI KH.KHAMDANI)  
PERIODE KE III.
KH.HASYIM ABDR.ROHIM dan KH.KHOZIN FAHRUDDIN,
PERIODE KE IV.
K.FAQIH HASYIM,KH.SHOLEH HASYIM dan KH.BASUNI KHOZIN.           
PERIODE KE V,
KH.ABDULLOH SIDDIQ,KH.HAIYI ASMU”I.
PERIODE KE VI,
KH.RIFA”I JUFRI,KH.ABD.HAQ,KH.ASMU”I .  
UNTUK PERIODE VII,
HINGGA 2014 KH.ASY’ARI ASMU’I, KH.MASTUR SHOMAD, KH.ABD.ROHIM RIFA’I dan AGUS TAUFIQURROCHMAN R.

Sumber : http://ponpesalhamdaniyah1787.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Galery kegiatan