Selamat datang di blog kami. Kami kelompok yang didominasi para ibu rumah tangga yang berkeinginan untuk maju dan berkarya, blog ini adalah tempat kami untuk menunjukkan pada dunia bahwa kami ada, kami eksis dalam bisnis dan kami ingin terus melangkah ke depan. Demi mencetak generasi penerus yang tangguh, mandiri dan terus berkembang hingga mampu bersaing positif dalam skala Nasional dan dunia Internasional.

Kontak dan Informasi

Untuk informasi hub. kami di KH. Khamdani no. 14 RT.01, RW. 01 Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran – Sidoarjo. Telp. 08123500763

Selasa, 26 April 2011

Sekilas tentang KIM Melati


KIM merupakan organisasi masyarakat yang bersifat wirausaha yang bergerak dalam bidang pengolahan informasi dan komunikasi yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat, olah masyarakat dan untuk masyarakat. Dalam era globalisasi yang serba canggih dan komputerise, semua serba elektronik maka keberadaan KIM di Desa Siwalanpanji sangat membantu warganya dalam mendapatkan informasi melalui media elektronik dan internet. Namun seberapa banyak dari seluruh masyarakat yang menguasai dan bisa mengakses informasi melalui media internet, masih belum sebanding dengan jumlah penduduk yang padat. Maka sebelum meninjau lebih jauh tentang keberadaan KIM di Desa Siwalanpanji maka perlu kami berikan beberapa informasi mengenai Desa Siwalanpanji.
Desa Siwalanpanji merupakan desa padat penduduk. Dengan luas wilayah sebesar  180,773 ha, Desa Siwalanpanji terdiri dari 3 Dusun yang terbagi dalam 6 RW dan  29 RT, yaitu :
  1. Dusun Siwalanpanji
  2. Dusun Bedrek
  3. Dusun Sawoan

Dengan Batas Desa :
  • Utara : Desa Sidomulyo Kec. Buduran
  • Selatan : Desa Kemiri Kec. Sidoarjo
  • Timur : Desa Prasung kec. Buduran
  • Barat : Desa Buduran Kec. Buduran

Kemudian Desa Siwalanpanji juga terbagi dalam terbagi dalam babarapa wilayah administrasi yang terdiri dari :
Luas Pemukiman : 95,744 ha
Luas Persawahan : 61,304 ha
Luas Kuburan : 1,450 ha
Luas perkantoran : 2,22 ha
Luas Prasarana Umum : 20,055 ha
Dari data tersebut menunjukkan bahwa Siwalanpanji sangat padat penduduk, diharapkan KIM dapat tumbuh dan berkembang, bahkan tidak hanya satu. Tapi akan tumbuh KIM-KIM berikutnya yang akan segera berkiprah di Desa Siwalanpanji ini.

KEPENDUDUKAN
Berdasarkan catatan dari data statistik di kelurahan, Desa Siwalanpanji termasuk desa yang padat penduduk dengan jumlah penduduk 7.028 orang, dengan jumlah laki-laki 3.602 orang dan jumlah perempuan 3.426 orang.

PENDIDIKAN
Data statistik pendidikan dari warga Siwalanpanji terdiri dari :
TK : 256 orang
SD : 441 orang
SLTP : 252 orang
SLTA : 236 orang
Pendidikan Diploma 1 : 66 orang
Pendidikan S1 : 168 orang
Data statistik pendidikan menunjukkan bahwa sebagian besar pendidikan di bidang umum, hal ini seperti kebanyakan pemikiran orang bahwa penidikan umum lebih memudahkan mereka untuk memilih pendidikan lanjut yang diinginkan kelak.

MATA PENCAHARIAN
Dari data mata pencaharian berikut ini terbukti bahwa sebagian besar masyarakat di Desa Siwalanpanji berada di sector swasta. Dengan rincian statistic sebagai berikut :
Petani : 31 orang
Buruh tani : 35 orang
PNS : 167 orang
TNI : 44 orang
POLRI : 24 orang
Pensiunan : 117 orang
Swasta : 2.219 orang
Sidoarjo dikenal sebagai kota industri, kota pabrik. Maka sebagian besar dari warga desa Siwalanpanji adalah menjadi karyawan pabrik.
Keberadaan KIM di tengah-tengah masyarakat Siwalanpanji tentu sangat berkontribusi dalam kegiatan mata pencaharian mereka. Dimana KIM berfungsi sebagai wadah / media mereka dalam penyebaran dan perolehan informasi, terutama bagi para kaum wanitanya. Mereka menjadi lebih banyak mengelola usaha dan beraktifitas di rumah untuk membantu dan menunjang pendapatan keluarga. Dengan berwiraswasta dalam berbagai bidang.

KIM Melati Sidoarjo digagas oleh seorang wanita bernama Endang Sulistyo Wahyuni. Warga desa Siwalanpanji ini merasa perlunya sebuah wadah yang dibangun sebagai media komunikasi, silaturahmi dan berbagi informasi. Melihat sebenarnya banyak warga yang memiliki potensi untuk maju dan berkarya. Endang berpendapat bahwa jika potensi ini bisa diangkat dan dikembangkan tentu akan menjadi sebuah sumberdaya yang sangat luar biasa. Dalam kelompoknya Endang lebih fokus pada kelompok ibu-ibu rumah tangga. Dengan maksud ingin memberdayakan kaum wanita di desanya. Melihat potensi yang sangat besar dan mendapat respon yang bagus dari masyarakat setempat, maka terbentuklah KIM Melati di desa Siwalanpanji pada tanggal 10 Januari 2010.
KIM Melati terbentuk dengan dihadiri 35 orang kaum ibu rumah tangga dan langsung dibentuk kepengurusan.

DASAR HUKUM :
Surat keputusan Gubernur Jawa Timur no.188/146/RPTS/013/2006 tanggal 12 April 2006 tentang pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat.

Sebagai tindak lanjut, dirumuskan arah kebijakan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat sebagai berikut  :

TUJUAN :
Mengangkat dan meningkatkan potensi kaum wanita di lingkungan sekitar untuk manambah penghasilan keluarga demi terwujudnya keluarga yang sejahtera.

SASARAN:
Ditujukan bagi ibu-ibu rumah tangga pada khususnya dan kaum wanita pada umumnya yang ada di lingkungan sekitar.

Asas KIM :
KIM Melati berdasarkan pada asas Pancasila yang menjunjung tinggi obyektifitas, keabsahan dan keterbukaan informasi untuk kemaslahatan anggota dan masyarakat.

3 komentar:

Galery kegiatan